Pengertian, Karakteristik Catering

Pengertian Catering – Sederhananya, catering adalah koki dan sekelompok tim yang menyiapkan, memasak dan menyajikan makanan. Kalau di Indonesia akrabnya disebut sebagai jasa boga yang melayani pemesanan makanan untuk berbagai acara (pesta, pribadi, institut pemerintahan dan yang ada hubungannya dengan kebutuhan makanan).

Tapi sebenarnya pengertian dan karakter catering lebih luas dari itu. Simak penjelasan berikut untuk melihat dan mengetahui lebih dalam mengenai catering atau jasa boga ini.

pengertian catering

Penjelasan Apa Itu Catering ?

Kata catering diambil dari kata kerja ‘cater’ yang memiliki arti menyiapkan dan menyajikan makanan untuk umum.

Adapula yang berasal dari kata ‘caterer’ artinya orang-orang yang menyajikan makanan untuk umum. ( wikipedia )

Adapun pengertian catering menurut para ahli:

“Katering adalah suatu usaha di bidang jasa dalam hal menyediakan atau melayani permintaan makanan, untuk bernagai macam keperluan,” menurut Purwati Tj, dkk

“Katering adalah jenis penyelenggaraan makanan yang tempat memasak dan makanan berbeda dengan tempat menghidangkan makanan. Makanan diangkut ke tempat lain untuk dihidangkan, misalnya ke tempat penyelenggaraan pesta, pertemuan, rapat, kantin, atau kafetaria industri. Makanan yang disajikan bisa berupa makanan kecil, makanan lengkap, atau makanan rantang,” menurut Sjahmien Moehyi

Catering sudah muncul sejak tahun 1800-an, tapi jenis usaha ini baru mulai populer semenjak tahun 2000-an.

Catering bukanlah hal baru, tapi apakah Anda tahu informasi-informasi lebih dari sekadar catering adalah jasa yang menyediakan makanan untuk umum?

Apa Saja Karakteristik atau Sifat Catering? 

Intinya catering adalah usaha menyediakan makanan untuk orang, yang mana dalam usaha ini memiliki dua sifat.

Sifat catering ada 2, yaitu komersial dan non komersial.

Komersial: tujuan dari sifat catering satu ini adalah  untuk memperoleh keuntungan. Jasa boga yang andil di dalamnya tergolong dalam kategori Restoran, Kantin, Warung Makan, Kafetaria, Catering untuk Acara, Jamuan Makan, Pusat Jajan dan yang sekiranya memperoleh keuntungan makanan lainnya.

Non-Komersial: mereka tidak bertujuan mencari keuntungan, tugansya hanya memenuhi kewajiban tapi tetap digaji. Contoh jasa boga dalam kategori ini adalah penyelenggara makanan institusi (Rumah Sakit, Asrama, Panti Asuhan, Lembaga Permasyarakatan dan lain-lain).

Dari banyaknya jenis jasa catering yang tersedia, yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini adalah catering acara atau catering yang menyediakan makanan untuk acara-acara tertentu.

Apa Saja Klasifikasi Katering Acara yang Banyak digunakan? 

Setiap jenis catering memiliki tugas dan tipe layanannya sendiri-sendiri. Berikut adalah jenis-jenis catering acara yang banyak orang belum tahu tapi populer digunakan.

Catering Prasmanan 

Penyajian makanan dari catering prasmanan ini ditaruh di atas meja dengan wadah-wadah khusus. Beberapa staf dari pihak catering akan membantu memasak makanan, menyajikan dan melayani para tamu yang ingin mengambil makanan di meja prasmanan.

Jenis catering ini banyak dipakai untuk acara pernikahan. Catering jenis ini melayani Anda secara penuh, koki, pelayan, peralatan makan, semua dari pihak catering. Jadi sebagai pelanggan, Anda cukup terima beres saja.

Catering Dine In 

Cara penyajian makanannya seperti di restoran. Para tamu acara cukup memesan makanan maka makanan bisa langsung siap diantar pada meja tamu. Rasakanlah sensasi makan khas restoran di rumah Anda.

Acara yang cocok menggunakan jenis ini adalah acara formal dan acara yang memiliki banyak tamu.

Catering Self Service 

Seperti namanya, pelayanan ini dilakukan oleh Anda sendiri alias orang yang memiliki acara. Pihak catering cuma menyediakan makan dan peralatan makan, untuk penyajiannya diatur oleh Anda.

Jenis catering ini banyak dipakai guna menghemat pengeluaran.

Private Catering 

Pihak catering tak cuma memberikan Anda makanan enak, tapi juga menyediakan pramusaji yang siap melayani acara Anda secara penuh. Pramusaji ini siap hadir di meja-meja Anda dan memberikan Anda pelayanan ekstra atas makanan yang kami sajikan di piring kalian.

Catering Nasi Kotak ataupun Catering Rumahan

Berbeda dengan catering-catering di atas, catering nasi kotak adalah makanan praktis yang diberikan pada pelanggan dalam kemasan kotak. Isi dari nasi kotak sangat lengkap, ada nasi, lauk pauk, lauk tambahan dan yang Anda perlukan lainnya.

Setelah catering nasi kotak diterima oleh pelanggan, maka tugas catering sudah selesai. Pihak catering hanya memberikan makanan dan layanan mengemas makanan dalam kotak-kotak nasi yang rapi.

Untuk Catering rumahan yang dimaksud adalah segala jenis masakan yang sudah lazim di masak dirumah seperti biasanya, seperti oseng – oseng tempe, ayam goreng, lalapan, sambal, telur balado, dll

Manfaat Catering yang paling penting

Jika Anda berpikir, apa sulitnya memasak? Kenapa harus butuh catering? Semua orang juga bisa memasak. Walaupun bukan masakan rumit, tapi intinya semua orang pasti bisa mengolah makanannya sendiri.

Apakah keberadaan catering bisa membantu? Apakah mereka sepenting itu sampai catering banyak diandalkan untuk berbagai macam acara?

Bagi Anda yang belum mengerti tentang betapa pentingnya catering, khususnya untuk orang-orang yang sibuk, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa catering itu penting serta alasan kenapa Anda harus menggunakan jasa catering untuk acara Anda.

  • Hemat Pengeluaran

Pada dasarnya, membeli makanan mentah dengan yang sudah jadi itu lebih terjangkau yang mentah. Lalu kenapa bisa dikatakan membeli makanan catering bisa menghemat pengeluaran?

Catering berbeda dengan restoran. Untuk satu menu, Anda sudah harus membayar dengan biaya sekian, sementara pada paket catering sendiri sekali bayar langsung dapat beberapa menu. Yang membedakan hanyalah porsi.

Tapi dijamin tetap bisa bikin kenyang.

  • Hemat Waktu

Memasak bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan 1 – 2 jam. Belum lagi waktu yang digunakan untuk membeli bahan-bahan di pasar. Dari waktu dan tenaga yang kita torehkan itu juga, belum tentu rasanya akan enak.

Berbeda halnya jika Anda menyerahkan tugas tersebut pada catering. Setiap masakan diolah oleh orang yang profesional, bahan masakan kualitas terbaik, dan sebagai pelanggan, Anda cukup menunggu makanan tiba di rumah Anda.

  • Bisa diantarkan Langsung Ke Tempat Tujuan

Salah satu keunggulan catering adalah makanan diantarkan ke rumah layaknya sedang drlivery. Hanya saja delivery-nya ini lebih murah, dan gratis ongkos kirim.

Coba bayangkan, Anda tak perlu memasak, tak perlu mengeluarkan banyak uang, tak perlu mengotori tangan Anda, dan tak perlu mengambil makanan tersebut.

Anda dilayani dari 0 sampai 100. Sangat praktis.

  • Makanan dijamin Bergizi

Ini tergantung jasa yang Anda pilih. Kalau jasa cateringnya bagus, poin ini pasti sangat mereka junjung tinggi.

Beberapa contoh makanan yang bergizi adalah sedikitnya penggunaan MSG, makanan dimasak dengan baik (matang), kolaborasi menunya seimbang, serat terpenuhi, ada sayuran, sumber protein, dan karbohidrat.

  • Membuat Acara Lebih Berkesan

Kapan saja Anda ingin melangsungkan acara, jasa catering siap melayani Anda. Makanan-makanan yang diolah selalu segar, enak, dan jenis makanannya macam-macam.

Beberapa jasa catering biasanya juga menyediakan layanan yang lebih dari hanya sekadar penyajian makanan. Mereka bisa mengatur peletakan meja untuk para tamu, menyediakan peralatan makan super lengkap, menata dekorasi, melayani tamu dan intinya membuat acara Anda menjadi lebih berkesan.

Apa Saja Menu Catering yang Ideal ? 

Apapun acaranya, catering bisa menyesuaikan menunya.

Sekurang-kurangnya, ada 3 jenis acara yang membutuhkan keberadaan catering.

Acara Kerja 

Yang pertama adalah acara kerja, seperti kantoran, pabrik, ataupun acara di dalam institut pemerintahan yang masih berkaitan dengan pekerjaan seseorang.

Paling umum orang-orang memesan nasi box beserta beverage. Tapi jika acaranya lebih penting sampai kehadiran banyak tamu, keberadaan hidangan pembuka, menu utama dan pencuci mulut mungkin sangat dibutuhkan karyawan Anda nanti.

Untuk olahannya bervariasi, bisa olahan ayam, daging, ikan, tumisan, mie, sambal dan lain-lain.

Tergantung selera. Harga mengikuti menu.

Acara Pernikahan / Wedding Party 

Acara pernikahan membutuhkan banyak sekali makanan dibanding acara lainnya. Setidaknya harus tersedia nasi kotak, hidangan makan siang, hidangan makan malam, prasmanan dan dessert.

Tentukan anggaran Anda berapa, kemudian jumlah tamu. Setelah itu diskusikan pada pihak catering, lihat dulu harganya. Sebab ini akan mematok biaya yang begitu besar karena jumlah porsi yang disajikan tidaklah sedikit. Jadi pastikan dana Anda cukup.

Masakan dari menu ini lebih lengkap. Pada meja prasmanan, akan terjajar rapi berbagai makanan daging, ikan, sayuran, tumisan dan yang berprotein lainnya. Belum lagi bakal ada desserts yang super menggoda, beverage, dan menu-menu gubugan yang siap memanjakan lidah para tamu.

Acara Pribadi 

Acara pribadi bisa menyangkut semua hal yang ada hubungannya dengan pesta. Supaya lebih fokus pada acara, serahkan urusan makanan pada yang ahlinya.

Semua makanan kami siapkan, darimulai makanan pembuka, makanan penutup, kue, roti, camilan, snack, hingga makanan-makanan berat akan kami siapkan untuk acara Anda. Pilih saja jenis catering yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian bisa menambah kemewahan acara karena memperoleh pelayanan ekstra dari jasa catering.

Berapa Harga untuk Menyewa Jasa Catering? 

Kalau soal harga itu tergantung oleh beberapa hal berikut:

  • Menu Apa yang Anda Pesan?

Menu memengaruhi harga. Bahan yang digunakan untuk membuat suatu masakan masing-masing memiliki harganya sendiri.

Contohnya seperti harga daging dan tempe yang jelas tidak sama.

  • Kesulitan Mengolah Menu Tersebut

Ketika makanan sulit dimasak, maka ada banyak tenaga yang jasa catering keluarkan. Tenaga dari para staf catering tidak gratis, selalu ada harganya. Untuk itu lah harga catering bisa dipengaruhi oleh kesulitan menu yang dimasak.

  • Porsi yang dibutuhkan

Tapi biasanya kalau pesanan Anda banyak, akan memperoleh banyak potongan harga dibanding hanya membeli 10 atau cuma 5 porsi saja. Layaknya grosir, makin banyak membeli, makin memperoleh banyak potongan harga.

Berikut ini adalah perkiraan harga untuk tiap-tiap satu porsi makanan catering:

  • Harga Nasi Kotak: Rp 10.000 – Rp 35.000 (isinya terdiri dari nasi, menu utama, lauk tambahan, pelengkap)
  • Harga Catering Prasmanan per Porsi: Rp 35.000 – Rp. 45.000 (isinya ada hidangan pembuka, menu utama, menu-menu lainnya, hidangan penutup, beverage)
  • Harga Catering Snack Box: Rp 10.000 – Rp 20.000 (isinya snack-snack, tidak ada nasi maupun lauk pauk. Hanya jajanan saja)
  • Harga Catering Diet: Rp 30.000 – Rp 60.000 (isinya makanan-makanan sehat yang diolah dengan begitu baik)
  • Harga Catering Harian: Rp 17.000 – Rp 30.000 (layanan catering harian yang berisi paket nasi box dan dikirim setiap hari ke kediaman kalian)

Untuk mengetahui lebih detail mengenai harga-harganya, bisa langsung ditanyakan pada jasa catering bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Catering Bandung Murah - Hanya di Cateringmami.com